Memperbarui MIUI ROM di smartphone Xiaomi dapat dilakukan melalui upgrade via OTA (over the air), namun dalam kasus tertentu biasanya metode tersebut gagal terlaksana. Nah untuk solusi dari masalah itu, anda dapat melakukan upgrade ROM secara manual.

Adapun maksud dari upgrade manual disini ialah anda diharuskan mendownload secara langsung ROM versi terbaru disitus MIUI, nanti jika setelah punya filenya barulah dapat anda install ke smartphone Xiaomi sebagai update-nya.

Untuk memperbarui MIUI ROM secara manual, jelasnya dapat dilakukan dengan dua metode. Lengkapnya berikut detail yang dapat anda terapkan pada Xiaomi, Mi3, Mi4, Redmi 1S, Redmi Note, Mi Pad ataupun di Xiaomi tipe lainnya.

Meski metode upgrade dibawah ini tidak akan menghapus file-file yang tersimpan di memori internal, namun ada baiknya backup data penting anda terlebih dahulu sebelum memulai prosesnya.

Download MIUI ROM

Download terlebih dahulu file MIUI ROM versi terbaru di http://en.miui.com/download.html. (download dapat langsung dilakukan melalui smartphone Xiaomi).

Pilih ROM yang cocok dengan jenis smartphone Xiaomi anda (disin dicontohkah pada Xiaomi Mi3). Selain itu perhatikan juga versi regional yang sesuai apakah versi WCDMA Philippines, India, China, Singapore, Malaysia atau lainnya.

MIUI ROM Xiaomi Mi3

Ingat jangan salah pilih ROM yah! Karena jika salah maka resikonya bisa jadi smartphone Xiaomi anda akan mengalami bootloop (brick).

Upgrade MIUI ROM Lewat Aplikasi Updater

  1. Copy dan simpan file MIUI ROM yang telah di download ke directory downloaded_rom di Internal Storage memori Xiaomi anda.
  2. Jalankan aplikasi Updater. Tap/sentuh menu Select installation file, lalu cari dan pilih file firmware yang telah anda download.
    MIUI Update Xiaomi 1

    Nb: Jika Smartphone Xiaomi anda tidak memiliki aplikasi Updater. Maka silahkan akses “Settings > About Phone > System Update“. Tekan tombol menu lalu tap/sentuh pilihan “Select update package” untuk melakukan instalasi firmware.
    Xiaomi Redmi 1S Select update package

  3. Pilih tombol Update dan Start update untuk memulai prosesnya (sebelum proses update dimulai, anda juga dapat melakukan backup). Pilih Reboot to new version jika update telah selesai.
    MIUI Update Xiaomi 2

Upgrade MIUI ROM Lewat MI Recovery

Selain menggunakan aplikasi updater, anda juga dapat melakukan upgrade Xiaomi dengan metode intall ROM melalui MI Recovery dengan cara seperti dibawah ini.

  1. Ubah nama file MIUI ROM yang telah didownload menjadi update.zip lalu copy dan paste ke directory root (directori paling depan/bukan dalam folder) di Internal Storage memori Xiaomi anda.
    MIUI update.zip
  2. Matikan (turn off) perangkat Xiaomi anda.
  3. Masuk ke modus MI Recovery dengan cara tekan dan tahan secara bersamaan tombol Volume up(+) dan Power hingga menu Recovery muncul dilayar.
  4. Pada tampilan MI Recover, pilih bahasa English.
    Mi Recovery

    Gunakan tombol Volume Up(+) dan Volume Down(-) untuk menavigasi menu, dan gunakan tombol Power untuk memilih menu yang ada.

  5. Pilih Install Update.Zip to System One untuk memasang MIUI ROM (pilih Yes jika pesan konfirmasi muncul). Tunggu hingga prosesnya selesai
    MI Recovery Xiaomi
  6. Jika prosesnya selesai, pilih Back untuk kembali ke halaman main menu. Lalu pilih menuReboot > Reboot to System One (latest) untuk menghidupkan kembali perangkat secara normal.

Jika proses update manual diatas berhasil dilakukan, maka selamat perangkat Xiaomi anda akan berjalan dengan MIUI ROM versi terbaru.

 

sumber : http://www.ikeni.net/

Leave a Reply